BJ Habibie wafat, bendera setengah tiang tampak di sejumlah kedubes

0 12

Jakarta (ANTARA) – Sejumlah kedutaan besar (Kedubes) negara asing untuk Indonesia turut mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung atas kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie.

Berdasarkan pantauan ANTARA, bendera setengah tiang tampak di Kedutaan Besar Prancis, di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis siang. Bendera triwarna biru, putih, merah milik negara Prancis dikibarkan setengah tiang berdampingan dengan bendera biru dengan simbol bintang yang melingkar milik Uni Eropa.

Masing-masing bendera tersebut terlihat diikat di bagian tengahnya sehingga kain bendera menempel ke tiang dan tidak berkibar.

“Untuk melepas kepergian Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie, #KedubesPrancis mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari berkabung nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia,” tulis akun resmi Kedubes Prancis dalam cuitan di Twitter.

Baca juga: Habibie wafat – Pemerintah serukan Hari Berkabung Nasional
 

 
Selain Kedubes Prancis, Kedubes Jerman dan Kedubes Jepang juga mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan untuk Habibie.

Di Kedubes Jerman yang berlokasi di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, bendera negara dipasang setengah tiang berdampingan dengan bendera Uni Eropa.

“Ya, kami memasang bendera setengah tiang mulai tadi pagi sampai tiga hari ke depan,” kata petugas keamanan di Kedubes Jerman yang berjaga.

Baca juga: Prestasi Habibie – Pejuang Timtim Guterres akui Habibie orang hebat

Masih di bilangan MH Thamrin, tampak di Kedubes Jepang terpasang bendera Hinomaru dikibarkan setengah tiang yang terlihat jelas dari luar lingkungan gedung.

Negarawan BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, dalam usia 83 tahun.

Pada hari yang sama, seruan berkabung atas kehilangan sang tokoh besar dengan memasang bendera setengah tiang bagi lembaga negara dan masyarakat disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Selain itu, pemerintah juga akan menetapkan tiga hari sejak kepergian BJ Habibie sebagai hari berkabung nasional.

Jenazah mendiang rencananya akan dimakamkan pada Kamis siang di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, berdampingan dengan makam sang istri, Ainun Habibie.

Baca juga: Dubes Rusia: BJ Habibie tokoh yang sangat dikenal di Rusia

 

Pewarta: Suwanti
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber: AntaraNews

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.